Deskripsi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial (KI-1 dan KI-2) Kurikulum 2013
Ditulis
CS
SIKAP SPIRITUAL
1. Ketaatan beribadah.
- Perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya,
- Mau mengajak teman seagamanya untuk melakukan ibadah bersama,
- Mengikuti kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sekolah,
- Melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama, misalnya: sholat, puasa.
- Merayakan hari besar agama,
- Melaksanakan ibadah tepat waktu.
2. Berperilaku syukur.
- Perilaku menerima perbedaan karakteristik sebagai anugerah Tuhan,
- Selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka,
- Bersyukur atas pemberian orang lain,
- Mengakui kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta,
- Menjaga kelestarian alam, tidak merusak tanaman,
- Tidak mengeluh,
- Selalu merasa gembira dalam segala hal,
- Tidak berkecil hati dengan keadaannya,
- Suka memberi atau menolong sesama,
- Selalu berterima kasih bila menerima pertolongan,
3. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
- Perilaku yang menunjukkan selalu berdoa sebelum atau sesudah melakukan tugas atau pekerjaan,
- Berdoa sebelum makan,
- Berdoa ketika pelajaran selesai,
- Mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan,
- Mengingatkan teman untuk selalu berdoa,
4. Toleransi dalam beribadah.
- Tindakan yang menghargai perbedaan dalam beribadah,
- Menghormati teman yang berbeda agama,
- Berteman tanpa membedakan agama,
- Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah,
- Menghormati hari besar keagamaan lain,
- Tidak menjelekkan ajaran agama lain.
SIKAP SOSIAL
1. Jujur.
- Tidak mau berbohong atau tidak mencontek,
- Mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru, tanpa menjiplak tugas orang lain,
- Mengerjakan soal penilaian tanpa mencontek,
- Mengatakan dengan sesungguhnya apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari,
- Mau mengakui kesalahan atau kekeliruan,
- Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan,
- Mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya, walaupun berbeda dengan pendapat teman,
- Mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah,
- Membuat laporan kegiatan kelas secara terbuka (transparan),
2. Disiplin.
- Mengikuti peraturan yang ada di sekolah,
- Tertib dalam melakspeserta didikan tugas,
- Hadir di sekolah tepat waktu,
- Masuk kelas tepat waktu,
- Memakai pakaian seragam lengkap dan rapi,
- Tertib mentaati peraturan sekolah,
- Melaksanakan piket kebersihan kelas,
- Mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu,
- Mengerjakan tugas/pekerjaan rumah dengan baik,
- Membagi waktu belajar dan bermain dengan baik,
- Mengambil dan mengembalikan peralatan belajar pada tempatnya,
- Tidak pernah terlambat masuk kelas.
3. Tanggung jawab.
- Menyelesaikan tugas yang diberikan,
- Mengakui kesalahan,
- Melaksanakan tugas yang menjadi kewajibannya di kelas seperti piket kebersihan,
- Melaksanakan peraturan sekolah dengan baik,
- Mengerjakan tugas/pekerjaan rumah sekolah dengan baik,
- Mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu,
- Mengakui kesalahan, tidak melemparkan kesalahan kepada teman,
- Berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah,
- Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam kelompok di kelas/sekolah,
- Membuat laporan setelah selesai melakukan kegiatan.
4. Santun.
- Menghormati orang lain dan menghormati cara bicara yang tepat,
- Menghormati guru, pegawai sekolah, penjaga kebun, dan orang yang lebih tua,
- Berbicara atau bertutur kata halus tidak kasar,
- Berpakaian rapi dan pantas,
- Dapat mengendalikan emosi dalam menghadapi masalah, tidak marah-marah
- Mengucapkan salam ketika bertemu guru, teman, dan orang-orang di sekolah,
- Menunjukkan wajah ramah, bersahabat, dan tidak cemberut
- Mengucapkan terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau barang dari orang lain.
5. Peduli.
- Ingin tahu dan ingin membantu teman yang kesulitan dalam pembelajaran, perhatian kepada orang lain,
- Berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah, misal: mengumpulkan sumbangan untuk membantu yang sakit atau kemalangan,
- Meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa/memiliki,
- Menolong teman yang mengalami kesulitan,
- Menjaga keasrian, keindahan, dan kebersihan lingkungan sekolah,
- Melerai teman yang berselisih (bertengkar),
- Menjenguk teman atau guru yang sakit,
- Menunjukkan perhatian terhadap kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.
6. Percaya diri.
- Berani tampil di depan kelas,
- Berani mengemukakan pendapat,
- Berani mencoba hal baru,
- Mengemukakan pendapat terhadap suatu topik atau masalah,
- Mengajukan diri menjadi ketua kelas atau pengurus kelas lainnya,
- Mengajukan diri untuk mengerjakan tugas atau soal di papan tulis,
- Mencoba hal-hal baru yang bermanfaat,
- Mengungkapkan kritikan membangun terhadap karya orang lain,
- Memberikan argumen yang kuat untuk mempertahankan pendapat.
Download RPP 1 Lembar K13 Kumplit (SD)