Deskripsi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial (KI-1 dan KI-2) Kurikulum 2013

Deskripsi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial (KI-1 dan KI-2) Kurikulum 2013

SIKAP SPIRITUAL

1. Ketaatan beribadah.

  • Perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya,
  • Mau mengajak teman seagamanya untuk melakukan ibadah bersama,
  • Mengikuti kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sekolah,
  • Melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama, misalnya: sholat, puasa.
  • Merayakan hari besar agama,
  • Melaksanakan ibadah tepat waktu.

2. Berperilaku syukur.

  • Perilaku menerima perbedaan karakteristik sebagai anugerah Tuhan,
  • Selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka,
  • Bersyukur atas pemberian orang lain,
  • Mengakui kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta,
  • Menjaga kelestarian alam, tidak merusak tanaman,
  • Tidak mengeluh,
  • Selalu merasa gembira dalam segala hal,
  • Tidak berkecil hati dengan keadaannya,
  • Suka memberi atau menolong sesama,
  • Selalu berterima kasih bila menerima pertolongan,

3. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

  • Perilaku yang menunjukkan selalu berdoa sebelum atau sesudah melakukan tugas atau pekerjaan,
  • Berdoa sebelum makan,
  • Berdoa ketika pelajaran selesai,
  • Mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan,
  • Mengingatkan teman untuk selalu berdoa,

4. Toleransi dalam beribadah.

  • Tindakan yang menghargai perbedaan dalam beribadah,
  • Menghormati teman yang berbeda agama,
  • Berteman tanpa membedakan agama,
  • Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah,
  • Menghormati hari besar keagamaan lain,
  • Tidak menjelekkan ajaran agama lain.

SIKAP SOSIAL

1. Jujur.

  • Tidak mau berbohong atau tidak mencontek,
  • Mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru, tanpa menjiplak tugas orang lain,
  • Mengerjakan soal penilaian tanpa mencontek,
  • Mengatakan dengan sesungguhnya apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari,
  • Mau mengakui kesalahan atau kekeliruan,
  • Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan,
  • Mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya, walaupun berbeda dengan pendapat teman,
  • Mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah,
  • Membuat laporan kegiatan kelas secara terbuka (transparan),

2. Disiplin.

  • Mengikuti peraturan yang ada di sekolah, 
  • Tertib dalam melakspeserta didikan tugas,
  • Hadir di sekolah tepat waktu,
  • Masuk kelas tepat waktu,
  • Memakai pakaian seragam lengkap dan rapi,
  • Tertib mentaati peraturan sekolah,
  • Melaksanakan piket kebersihan kelas,
  • Mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu,
  • Mengerjakan tugas/pekerjaan rumah dengan baik,
  • Membagi waktu belajar dan bermain dengan baik,
  • Mengambil dan mengembalikan peralatan belajar pada tempatnya,
  • Tidak pernah terlambat masuk kelas.

3. Tanggung jawab.

  • Menyelesaikan tugas yang diberikan, 
  • Mengakui kesalahan,
  • Melaksanakan tugas yang menjadi kewajibannya di kelas seperti piket kebersihan,
  • Melaksanakan peraturan sekolah dengan baik,
  • Mengerjakan tugas/pekerjaan rumah sekolah dengan baik,
  • Mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu,
  • Mengakui kesalahan, tidak melemparkan kesalahan kepada teman,
  • Berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah,
  • Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam kelompok di kelas/sekolah,
  • Membuat laporan setelah selesai melakukan kegiatan.

4. Santun.

  • Menghormati orang lain dan menghormati cara bicara yang tepat, 
  • Menghormati guru, pegawai sekolah, penjaga kebun, dan orang yang lebih tua,
  • Berbicara atau bertutur kata halus tidak kasar,
  • Berpakaian rapi dan pantas,
  • Dapat mengendalikan emosi dalam menghadapi masalah, tidak marah-marah
  • Mengucapkan salam ketika bertemu guru, teman, dan orang-orang di sekolah,
  • Menunjukkan wajah ramah, bersahabat, dan tidak cemberut
  • Mengucapkan terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau barang dari orang lain.

5. Peduli.

  • Ingin tahu dan ingin membantu teman yang kesulitan dalam pembelajaran, perhatian kepada orang lain,
  • Berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah, misal: mengumpulkan sumbangan untuk membantu yang sakit atau kemalangan,
  • Meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa/memiliki,
  • Menolong teman yang mengalami kesulitan,
  • Menjaga keasrian, keindahan, dan kebersihan lingkungan sekolah,
  • Melerai teman yang berselisih (bertengkar),
  • Menjenguk teman atau guru yang sakit,
  • Menunjukkan perhatian terhadap kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.

6. Percaya diri.

  • Berani tampil di depan kelas,
  • Berani mengemukakan pendapat,
  • Berani mencoba hal baru,
  • Mengemukakan pendapat terhadap suatu topik atau masalah,
  • Mengajukan diri menjadi ketua kelas atau pengurus kelas lainnya,
  • Mengajukan diri untuk mengerjakan tugas atau soal di papan tulis,
  • Mencoba hal-hal baru yang bermanfaat,
  • Mengungkapkan kritikan membangun terhadap karya orang lain,
  • Memberikan argumen yang kuat untuk mempertahankan pendapat.
Download RPP 1 Lembar K13 Kumplit (SD)