Khasiat Zaitun (Olea Europea L) Bagi Kesehatan

Dalam dunia ilmiah, buah zaitun memilliki nama ilmia Olea europaea yang masih tergolong dalam famili Oleaceae. Pohon Zaitun merupakan pohon yang berumur panjang untuk masa yang lebih dari seratus tahun bahkan ribuan tahun. Ia menghasilkan buah secara terus-menerus tanpa harus menguras tenaga manusia, sebagaimana ia akan selalu nampak indah bila dipandang.
Zaitun dalam berbagai penelitian diyakini memiliki banyak khasiat dan keistimewaan, dari batang, daun hingga buahnya.

Kandungan yang ada di dalam buah zaitun bagitu kompleks antara lain terdapat kadar protein, gizi dan anti oxidan yang besar, sebagaimana ia memiliki kadar garam yang mengandung kalsium, zat besi, dan fosfat. Ini merupakan zat-zat penting dan vital yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Di samping itu buah/daun/minyak/juice Zaitun,dapat digunakan sebagai anti infeksi organ dalam, seperti, ginjal ,empedu dan mengandung senyawa koloid yang dapat membunuh sel-sel Kanker.
Kandungan senyawa yang terdapat dalam zaitun seperti fenol, tokoferol, sterol, pigan dan squalene memegang peranan penting dalam kesehatan dan penyembuhan beberapa penyakit.
Senyawa fenol diyakini berfungsi sebagi antioksidan yang sangat kuat. Kesemua senyawa yang bermanfaat itu tadi terkandung di dalam eksrtak buah zaitun yang berupa minyak

1. Daun Zaitun
Daun zaitun sudah lama dimanfaatkan masyarakat kuno Yunani sebagai pembasuh luka. Daun zaitun juga dipakai sebagai obat kandung kemih dan riset menunjukkan daun zaitun memiliki kemampuan membantu penurunan kadar gula dalam darah sebagaimana juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Daun tersebut juga mengandung zat anti mikroba dan sangat efektif memerangi sejumlah jamur, virus, dan bakteri.

2. Minyak Zaitun.
Minyak zaitun, yang diperoleh dari estrak buahnya berfungsi melindungi sistem pencernaan. Jika dioleskan pada bagian luar, minyak zaitun bisa melembabkan kulit dan berfungsi sebagai penghantar bagi minyak-minyak penting lainnya. Jika dipakai sebagai minyak goreng atau suplemen makanan, minyak zaitun dapat menjaga jantung dan pembuluh arteri tetap lentur. Konsumsi minyak zaitun secara teratur terbukti menghindari penimbunan kolesterol di pembuluh arteri. Dalam Al-Qur’an diterangkan bahwa minyak zaitun dipakai untuk melembutkan dan menjaga elastisitas kulit serta kerap dioleskan untuk mempercepat penyembuhan kulit yang luka atau iritasi.

Khasiat Minyak Zaitun

a). Minyak Zaitun Berkhasiat Seperti ASI
Dalam sebuah studi modern yang dipublikasikan di bulan Februari 1996 M di Universitas Barcelona, Spanyol, yang dilakukan terhadap empat puluh wanita yang menyusui, diambil sampel ASI dari mereka. Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan lemak yang terkandung di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Jenis lemak ini dikategorikan sebagai lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah jenis lemak yang terkenal terdapat dalam minyak zaitun.

b). Minyak Zaitun Sebagai laksatif ringan untuk memudahkan proses buang air besar dan menyingkirkan cacing di dalam tubuh.

c). Minyak Zaitun Mengurangi Kolesterol Berbahaya
Dalam tubuh kita dikenal dua macam kolesteror yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein).
LDL dikenal sebagai kolesterol jahat yang merupakan menyebab utama terjadinya arterosklerosis atau penyumbatan pembuluih darah yang biasanya berujung pada jantung koroner. Sedangkan HDL merupakan kolesterol yang baik karena besarnya peranan dalam meningkatkan daya kekebalan (imunitas) tubuh.

d).Omega 9 yang terkandung dalam minyak zaitun dipercaya mampu menurunkan jumlah LDL dan menaikkan kadar HDL dalam tubuh kita. oleh karena itu kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang berakibat pada penyakit jantung dapat diminimalisir.

e). Minyak Zaitun Mencegah penyakit jantung
Mengurangi Resiko Terjadinya Penyumbatan (Trombosis) dan Penebalan (Arteriosklerosis)

f). Pembuluh Darah
Dalam sebuah kajian para peneliti menyatakan bahwa nu trisi yang kaya kandungan minyak zaitun bisa mengurangi pengaruh negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya
pembekuan darah, dan selanjutnya mengu-rangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung.

g). Minyak Zaitun Mencegah Kanker Payudara
Kebiasaan mengkomsumsi satu sendok makan zaitun setiap hari, memungkinkan untuk dapat mengurangi terkena kanker payudara hingga 45%.

h).Minyak Zaitun untuk mencegah Kanker.
Kebiasaan menggunakan minyak zaitun memberikan peluang cukup besar untuk dapat melindungi diri dari sejumlah serangan kanker; Kanker usus besar,rahim,indung telur.
Penggunaan minyak zaitun untuk memasak selain menyehatkan juga mengurangi risiko kerusakan sel tubuh yang menyebabkan kanker.

Para ilmuwan yang telah menguji manfaat minyak zaitun. Menurut mereka, minyak zaitun mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh yang menjadi penyebab kanker. Dalam riset yang dilakukan terhadap 182 orang di Eropa, para ahli menemukan bukti bahwa minyak zaitun mengurangi kerusakan oksidasi pada material genetik sel, di mana proses ini disebut-sebut bisa membuat sel kanker berkembang.

i). Minyak Zaitun Menurunkan Angka Kematian.
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam majalah Lanst yang terkenal pada 20 Desember 1999 M, menunjukkan bahwa negara paling miskin di Eropa, yaitu Albania, yang berpenduduk muslim, memiliki keistimewaan sedikitnya angka kematian di sana. Angka kematian di Albania di kalangan pria adalah 41 orang dari setiap 100.000 orang, separoh dari keadaan di Britania.
Hal itu dipengaruhi oleh konsumsi minyak zaitun dalam makanan para penduduk Albania.

j). Minyak Zaitun untuk kecantikan kulit dan rambut
Zat yang dimiliki minyak zaitun, merupakan sebuah zat yang mampu menjaga air menguap. Sehingga, zat ini amat baik untuk digunakan sebagai pelembab kulit. Minyak Zaitun juga kaya akan vitamin E. mengkonsumsi buah dan minyak zaitun bisa memberikan kulit sehat, sama ketika dikenakan sebagai olesan. Teteskan minyak zaitun ke dalam air mandi hangat untuk tambahan kesehatan. minyak zaitun juga mengandung setidaknya 4 zat antioksidan yang berbeda. Hal ini berarti membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kulit dan kanker kulit.
Orang-orang Arab banyak mengkonsumsi buah zaitu dan sekaligus minyaknya ini. Biasanya kaum wanita Arab meminyaki rambut mereka dengan minyak zaitun sebelum tidur kemudian berkeramas keesokan harinya menjadikannya lebat , tidak mudah rontok dan panjang.

k). Minyak Zaitun mengurangi dengkuran
Meminum minyak zaitun sebelum tidur bisa memberikan lubrikasi pada otot tenggorokan, sehingga dipercaya bisa mengurangi dengkuran. Termasuk juga mengurangi rasa gatal di tenggorokan.