Khasiat dan Manfaat Sirih (Apotek Hidup)


Nama Ilmiah Sirih : Piper betle L.
Nama Lain Sirih (Daerah) : Suruh, sedah (Jawa), Seureuh (Sunda), Ranub (Aceh), Belo (Batak Karo), Cambai (Lampung), Uwit (Dayak), Base (Bali), Nahi (Bima), Gapura (Bugis), Mota (Flores), Afo (Sentani).
Nama Asing Suruh : Ju jiang (China).

Ciri-Ciri Tanaman Sirih :
Sosok Sirih : Merambat mirip tanaman lada.
Tinggi Tanaman Sirih : Mencapai 5-15 meter tergantung pertumbuhan dan tempat rambatannya.
Batang Sirih : Berwarna Hijau Kecoklatan.
Daun Sirih : Berbentuk jantung, agak kasar bila diraba, berwarna kekuningan, hijau tua, atau hitam, sirih kuning banyak dimakan untuk makan sirih karena rasanya kurang pedas. Sirih berdaun hitam biasa digunakan sebagai obat.
Bunga Sirih : Tersusun dalam bulir, merunduk, panjang 5-15 cm.
Buah Sirih : Buah buni, bulat, berdaging, berwarna hijau.

Tempat Tumbuh Sirih :
Tanaman sirih menyukai tempat yang terbuka atau sedikit terlindung, yang penting ada rambatan.

Pengembangbiakan Sirih :
Tanaman sirih biasa diperbanyak dengan stek batang. Pilih tanaman yang sudah agak tua dan terdiri dari 4-6 ruas. Semaikan dahulu ditempat yang teduh, tunggu tumbuh subur sebelum dipindahkan ke pekarangan.

Kandungan Sirih :
Minyak Atsiri, hidroksivacikol, kavicol, kavibetol, allypyrokatekol, karvakrol, eugenol, eugenol methyl ether, p-cymene, cineole, caryophyllene, cadinene, estrogal, terpenena, sesquiterpena, fenil, propana, tanin, diastase, gula, pati.

Khasiat Sirih :
1. Menghilangkan Bau Badan
Rebuslah 5 lembar daun sirih segar dengan 2 gelas air. Perebusan dilakukan hingga airnya tinggal satu gelas. Air ini diminum siang hari.

2. Mengobati Mimisan
Ambillah 1 lembar daun sirih segar yang agak muda, cuci hingga bersih. Daun ditekuk, lalu tekukannya digulung sebesar lubang hidung. Lalu gulungan daun sirih tersebut dimasukkan kedalam lubang hidung yang berdarah. Lakukan hingga darah berhenti mengalir. Usahakan penderita tetap duduk tegak agar darah tidak mengalir ke belakang rongga hidung.

3. Pembersih Mata yang Gatal atau Merah.
Rebuslah 5-6 lembar daun sirih muda yang baru dipetik dengan 1 gelas air. Setelah mendidih air di dinginkan. Basuh mata dengan air rebusan tadi sehari 3 kali.

4. Mengobati Koreng atau Gatal-Gatal.
Ambil 20 lembar daun sirih yang cukup tua. Rebus dengan air sekitar 3-4 gelas. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk mencuci bagian tubuh yang terkena koreng dan gatal.

5. Mengobati Sariawan.
Petiklah 1 atau 2 lembar daun sirih, bersihkan lalu kunyah daun tersebut hingga lumat. Biarkan sebentar di dalam mulut, terutama dibagian yang terkena sariawan.

6. Khasiat Lain
Air rebusan sirih juga dipercaya dapat menghilangkan bau mulut, gunakan untuk kumur-kumur. Selain itu, dapat juga mengurangi jerawat apabila dibasuhkan ke muka. Daun sirih yang dimakan dengan pinang dan kapur juga diyakini mampu menguatkan gigi agar tidak mudah tanggal.