Dasar-dasar Ms. Excel Tentang Jenis dan Tingkatan Operasi Excel yang Sering Terlupakan

Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang mampu melakukan berbagai jenis operasi perhitungan untuk keperluan pengolahan dan analisis data. Ada dua hal yang selalu terlibat dalam setiap perhitungan yang dilakukan di Excel, yaitu Operator Perhitungan dan Data-data yang dihitung. Dalam perhitungan yang dilakukan, data-data dilibatkan menggunakan acuan-acuan.

Dalam hal ini, semua orang yang mempelajari Microsoft Excel hampir 70% mengetahui tapi tidak memahami arti dari pembahasan ini dan sering kali mengabaikan bagian ini. Sebanrnya bagian ini adalah Dasar dalam mempelajari Ms. Excel dan sangatlah penting sebelum ke pembahasan rumus-rumus SUM, AVERAGE dll.

Kalau di Sekolah biasanya Pembahasan ini ada di Kelas VIII atau 2 SMP/MTs. Dimana di Kelas 1 Mepelajari sejarah dan perkembangan komputer dan di kelas 3 mempelajari tentang sejarah dan aplikasi internet.

Sebelum ke pembahasan, saya ingin memberikan pertanyaan logika sederhana kepada anda. Jika pertanyaan ini langsung bisa anda jawab, berarti anda tidak perlu menyimak pembahasan ini, karena anda sudah Memahami Artikel yang akan saya bahas ini.

Dalam Ms. Excel kita seringkali menggunakan Rumus dan diawali dengan tanda sama dengan. Pertanyaannya, Perintah Apa yang di berikan si sama dengan, sehingga setiap rumus harus diawali tanda sama dengan...?? Atau yang lebih sederhana saja, Kenapa di Ms. Excel =5+2*3 hasilnya 11??

Jawabannya ada di akhir artikel.

Dalam artikel kali ini saya akan mencoba mengulas dua pembahasan yaitu: Berbagai Jenis Operator/Operasi dan Tingkatan Operasi/Operator dalam Excel

Langsung saja ke Pembahasan pertama

BERBAGAI JENIS OPERATOR/OPERASI

Excel mempunyai empat jenis Operasi yang berbeda, yaitu:
1. Aritmatika
2. Perbandingan
3. Penggabungan Teks
4. Acuan

1. OPERATOR ARITMATIKA
Operator Aritmatika digunakan untuk membentuk operasi-operasi Matematika dasar seperti penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, eksponensial, persentase dan penggabungan bilangan
Simbol Operator
Operasi
Contoh
Hasil
+
Penjumlahan
6+9
15
-
Pengurangan
9-6
3
-
Negasi
-6
-6
*
Perkalian
6*9
54
/
Pembagian
9/3
3
^
Eksponensial
2^3
8
%
Persentase
20%
0,2
&
Penggabungan
6&9
69
2. OPERATOR PERBANDINGAN
Operator Perbandingan digunakan untuk membandingkan dua buah nilai. Hasil perbandingan tersebut berupa sebuah nilai Logika, yaitu True/Benar atau False/Salah. Bila perbandingan bernilai Benar maka hasil yang ditampilkan adalah True dan bila perbandingan bernilai Salah hasil yang ditampilkan adalah False.
Tipe Perbandingan
Simbol
Contoh
Hasil
Sama Dengan
=
9 = 6
False
Lebih Besar Dari
> 
9 > 6
True
Lebih Kecil Dari
< 
9 < 6
False
Lebih Besar Sama Dengan
>=
9 >= 6
True
Lebih Kecil Sama Dengan
<=
9 <= 6
False
Tidak Sama Dengan
<> 
9 <> 6
True

Baca Juga


3. PENGGABUNGAN TEKS
Operator Penggabungan Teks digunakan untuk menggabungkan dua data yang bertipe teks (string). Operator penggabungan teks memungkinkan kita memungkinkan kita menggabungkan duat teks dari dua kolom yang berbeda kedalam satu kolom.
Operator penggabungan teks menggunakan simbol ampersand (&). Bila digunakan dalam sebuah rumus, misalkan kita ingin menggabungkan teks di kolom A dengan teks di kolom B maka rumusnya sebagai berikut
=A2&B2


A
B
C
1
Kata1
Kata2
Hasil Penggabungan
2
Cep
Sohib
CepSohib
3
Desa
Karangsari
DesaKarangsari
4
Kecamatan
Agrabinta
KecamatanAgrabinta
5
Kabupaten
Cianjur
KabupatenCianjur
Operator “&” langsung menyatukan kedua tanpa menempatkan Spasi diantara kedua kata yang digabung. Apabila kita ingin menempatkan spasi diantara kedua kata tersebut, gunakan cara seperti ini
=A1&“ “&B1
Artinya: A1&”spasi”&B1


4. OPERATOR ACUAN
Operator Acuan berfungsi menggabungkan selang sel yang terlibat dalam perhitungan. Excel mempunyai tiga operator acuan yaitu titk dua, koma, dan spasi

Simbol
Arti
Contoh
1
: (titik dua)
Operator jangkauan, menghasilakn satu acuan dari semua sel diantara dua acuan, termasuk kedua acuan tersebut
=A6:A9
2
, (koma)
Operator penyatuan, menggabungkan banyak acuan-acuan menjadi satu acuan
=SUM(A6,A9,B6,B9)
3
(spasi)
Operator perpotongan, mengacu kepada sel yang menjadi perpotongan antara dua acuan
=(B6:D6 C3:C9)
disarankan sambil membuka Ms. Excel anda.


TINGKATAN OPERASI/OPERATOR DALAM EXCEL
Excel mempunyai tingkatan operasi yang lebih di dahulukan daripada operasi yang lain. Jika kita menggunakan beberapa operator dalam satu rumus, excel akan melakukan operasi terlebih dahulu pada operator yang tingkatannya lebih tinggi. Jika kita menggunakan operasi dengan tingkatan yang sama, maka excel akan melakukan operasi dari kiri ke kanan.
Paham??? Sebaiknya anda buka Excel dan mempraktekannya, Pasti Paham.
Berikut adalah Tabel Tingkatan Operasi
Operator
Keterangan
Titik dua : Spasi tunggal ( ) Koma (,)
Operator Operator Acuan
-
Tanda negatif
%
Persentase
^
Pemangkatan
*dan /
Perkalian dan pembagian
+ dan -
Penambahan dan pengurangan
&
Menggabungkan dua string
= < > <= >= <>
Perbandingan
Coba anda masukan =5+2*3 maka hasilnya adalah 11

Kenapa?? Silahkan anda lihat tabel diatas, Penambahan dan Perkalian Tingkatan Operasinya Tinggi mana. Yang lebih tinggi itu yang didahulukan dalam Excel.
Lalu bagaimana jika ingin =5+2*3 hasilnya 21

Simak penjelasan Terakhir ini

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, dalam perhitungan yang menyertakan beberapa operator yang berbeda, excel akan mengerjakan operasi tertentu terlebih dahulu dibandingkan operasi yang lain (sesuai penjelasan diatas). Untuk mengubah hal tersebut, kita dapat menggunakan Tanda Kurung. Tanda kurung ini akan memberi tahu kepada excel bahwa kita ingin melakukan operasi di dalam tanda kurung terlebih dahulu, baru kemudian operasi yang lain.

Paham kan sobat???

Sebagai contoh kita gunakan lagi contoh diatas dengan penambahan tanda kurung
=(5+2)*3 maka hasilnya adalah 21 sesuai yang kita inginkan.

Nah satu pertanyaan sudah terjawab dengan penjelasannya. Lalu sekarang Perintah Apa yang di berikan si sama dengan, sehingga setiap rumus harus diawali tanda sama dengan...??

Rumus pada excel adalah persamaan yang membentuk perhitungan dari nilai-nilai yang terdapat pada lembaran kerja excel. Lalu apa arti tanda sama dengan???

Tanda sama dengan mengatakan kepada excel bahwa karakter-karakter selanjutnya adalah Rumus. Karakter yang mengikuti tanda sama dengan tersebut adalah elemen-elemen untuk dihitung yang dipisahkan dengan operator-operator perhitungan (yaitu operator yang di jelaskan dalam artikel ini)

Nah sobat, apakah anda paham maksud dan tujuan artikel ini.
Semoga kata-katanya mudah dipahami.

Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau makna. Kita sama-sama belajar ya sob.
Kritik dan Saran silahkan dimuat di Kolom Komentar ya sob.

Terimakasih
Semoba Bermanfaat
Untuk Artikel rumus-rumus lainnya, silahkan sobat cari di Daftar isi atau Sitemap Blog ini.